PROPOSAL USAHA FIVEPLE STORE (KURSUS) TANPA FORECAST KEUANGAN

BAB I

PENDAHULUAN

 

1.1 Latar belakang

    Di era modern saat ini kebutuhan akan sandang terutama kaos sangatlah penting bagi masyarakat. Kaos merupakan pakaian bagian atas yang dapat menunjang kepercayaan diri dari penggunanya, dengan model yang casual dan enak dipakai kaos menjadi pilihan utama masyarakat yang akan berpergian santai atau sekedar dipakai untuk di rumah. Kaos sendiri bisa diberi desain gambar yang unik sesuai selera dengan menggunakan jasa sablon agar terlihat lebih fashionable dan lebih menarik  tentunya.

     Kaos tidak hanya dapat dipakai oleh kaum pria tetapi wanita pun cocok untuk memakainya. Kaos sendiri didesain untuk memberikan kenyamanan kepada penggunanya dengan bahan kain yang menyerap keringat dan memberikan rasa dingin ketika digunakan. Tidak heran kebanyakan mahasiswa menyukai kaos sablon. Dikalangan anak muda kaos sudalah menjadi salah satu favorite karena selain murah juga bisa didesain sesuai keinginan mereka                                         

    Berdasarkan latar belakang tersebut maka tersiratlah dipikiran kami untuk membuat usaha yang bergerak dibidang jasa kaos polos. Usaha yang rencananya akan kami beri nama FIVEPLES STORE. Usaha ini dimaksudkan untuk memberikan pelayanan pada konsumen baik konsumen dari jasa sablon sampai individu yang ingin membeli kaos polos yang nyaman dan berkualitas tinggi tentunya dengan harga yang relatif murah dengan kuota banyak.

      Memang tidak bisa dipungkiri adanya persaingan yang ketat dalam bisnis ini, mengingat sudah banyak yang menjalankanya. Oleh karena itu strategi persaingan yang matang sangat dibutuhkan dan kami tidak gentar dalam melakoni persaingan dengan perusahaan lain yang lebih lama berbisnis dibidang ini.


 

1.2 Visi dan Misi

Visi :

Menjadi sebuah perusahan clothing, fashion custom terbaik di Indonesia, dengan memberikan kualitas terbaik dengan harga terjangkau.

Misi :

ü  Menghasilkan produk yang berkualitas dengan harga yang terjangkau di kalangan anak muda dan dewasa.

ü  Membuat desain yang menarik dan menerima desain dari pelanggan.

ü  Memberikan pelayanan terbaik demi kepuasan pelanggan.

 

1.3 Data Perusahaan

            Profile Fiveples Store dapat dilihat pada Tabel 1.1.

 

Tabel 1.1

Profile Fiveples Store

1

Nama Perusahaan

Fiveple Store

2

Produk Usaha

Kaos Custom

3

Alamat Perusahaan

Depok

4

Nomor Telepon

081517520430

5

Website

Instagram

https://instagram.com/Fiveplestore

6

Tahun Berdiri

2016

 

 

 

 

1.4 Data Karyawan

            Profile karyawan Fiveples Store dapat dilihat pada Tabel 1.2.

 

Tabel 1.2

Profile karyawan Fiveples Store

1

Nama

Evan Dwi S

2

Tempat, Tanggal, Lahir

Tanggerang, 20 September 1998

3

Alamat

Ciledug, Tanggerang Selatan

4

Status

Lajang

5

No Telepon

081218179794

6

Jabatan

CEO

 

1

Nama

Raden Ruhiyat Dwi Komara B

2

Tempat, Tanggal, Lahir

Sukabumi, 1 Mei 1998

3

Alamat

Sukabumi, Jawa Barat

4

Status

Lajang

5

No Telepon

081284168468

6

Jabatan

General Manajer

 

1

Nama

Yosi Yolinda

2

Tempat, Tanggal, Lahir

Sukabumi, 26 Desember 1996

3

Alamat

Bogor

4

Status

Lajang

5

No Telepon

081517520430

6

Jabatan

Manajer Pemasaran

 

 

1

Nama

Achmad Rusdi

2

Tempat, Tanggal, Lahir

Jakarta, 24 Januari 1995

3

Alamat

Lenteng Agung, Jakarta Selatan

4

Status

Lajang

5

No Telepon

085850918720

6

Jabatan

Manajer Produksi

 

1

Nama

Astri A. Sinaga

2

Tempat, Tanggal, Lahir

Medan, 7 Januari 1998

3

Alamat

Depok

4

Status

Lajang

5

No Telepon

081289771102

6

Jabatan

Manajer Keuangan

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

BAB II

ANALISIS PASAR

 

2.1       Bauran Pemasaran

            Bauran pemasaran pada Fiveple Store beradasarkan Product, Price, Place, Promotion (4P) adalah sebagai berikut :

 

1.    PRODUCT

Contoh produk dan pemakaian dapat dilihat pada Gambar 2.1

 

 

 

 

 

 

 

 

 


Gambar 2.1

 

 

Produk yang ditawarkan oleh Fiveples Store terdiri dari:

 

·         Type          : Costumable T-Shirt (Menggunakan desain dengan kemauan sendiri)

·         Brand        : Fiveple Store

·         Quality       : Menggunakan kaos cotton combed 30s BuiltUp & Sablon Plastisol/DTG

·         Packing     : Plastik Pakaian

·         Design       : Custom        

 

 

 

 

2.    PRICE

Harga yang di tawarkan terdiri dari :

 

·         Price List :

Kaos Custom              Rp.90.000,-/Pcs

 

3.    PLACE

Wilayah pemasaran mencakup seluruh Indonesia yang dapat dilakukan secara online dan offline.

 

4.    PROMOTION

·         Pameran         : Mengikuti pameran-pameran pakaian yang ada di Indonesia.

 

·         Advertising    : Periklanan melalui media sosial dan E-Commerce seperti

instagram.

 

2.2 Segmentasi Pasar

            Segmentasi pasar Fiveples Store dibagi menjadi :

 

1.    Segmentasi Geografi, produk dipasarkan secara online shop yang menjangkau seluruh wilayah Indonesia.

 

2.    Segmentasi Demografi, terget konsumennya adalah anak muda dan dewasa. Jenis kelamin laki-laki atau perempuan.

 

3.    Segmentasi Psikografi, dalam hal ini ditunjukan untuk semua kalangan baik remaja maupun dewasa yang ingin mempunyai baju dengan desain sesuai dengan model yang diinginkan dan tetap nyaman.

 

 

 

 

2.3 Analisis SWOT dan TOWS

 

            SWOT adalah sebuah cara menganalisa suatu permasalahan dari 4 sudut berbeda yang terbagi dari 2 aspek, yaitu aspek internal dan aspek eksternal. SWOT adalah singkatan bahasa inggris dari Strengths (Kekuatan), Weakness (Kelemahan), Oppoturnities (Peluang), Threats (Ancaman). SWOT Fiveple Store adalah sebagai berikut :

 

A.    Strenght :

1. Kaos yang di produksi dapat dicustom oleh konsumen sehingga satu kaos dengan yang lainnya mempunyai keunikan atas desainnya masing – masing.

2. Bahan kaos Cotton Combed 30s dan sablon Plastisol/Digital Printing merupakan bahan berkualitas tinggi.

3. Harga yang ditawarkan masih dalam kisaran harga dipasaran, sehingga terjangkau oleh semua kalangan.

 

B.    Weakness :

1. Waktu yang dibutuhkan untuk produksi barang cukup memakan waktu yang lama yang lama.

2. Bahan baku tergantung ketersediaan di distributor.

 

C.   Opportunities :

1. Banyaknya minat orang terhadap brand dengan harga mahal, tetapi budget kurang yang dimiliki menjadi peluang untuk perusahaan.

2. Banyak orang yang menginginkan baju berkualitas dengan desain nya sendiri.

3. Banyaknya brand sejenis dengan kualitas produk kurang baik.

 

D.   Threats :

1.    Dijaman era digital dewasa ini, membuat pesaing dapat dengan mudah melihat produk Fiveples Store.

2.    Banyak pesaing yang menjual produk yang sama.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

            TOWS adalah pemikiran akan hal-hal yang akan dapat atau hal yang lebih dinamis yaitu faktor eksternal terlebih dahulu baru diikuti dengan faktor internal, cara ini diyakini akan menghasilkan peluang yang dapat mengantisipasi segala ancaman yang akan datang. TOWS Fiveples Store sebagai berikut :

 

A.   Strenght-Opportunities :

 

Ø  Meningkatnya minat orang – orang terhadap brand – brand ternama dengan harga tinggi, tetapi budget yang dimiliki kurang. Dengan terus mengeluarkan inovasi baru dan desain yang lebih banyak lagi, serta dengan tetap menjaga harga tanpa mengurangi kualitas.

Ø  Pangsa pasar yang semakin berkembang membuat Fiveples Store melakukan penambahan jumlah dan jenis produk.

Ø  Tetap mengikuti trend fashion masa kini.

 

B.   Strenght-Threats :

 

Ø  Memberikan pelayanan yang baik, cepat, dan bertanggung jawab.

Ø  Desain yang mudah ditiru membuat produk Fiveples Store memberikan label pada produk yang diproduksi.

 

C.   Weakness-Opportunities :

 

Ø  Mencari distributor baru dengan harga bahan yang lebih murah tetapi kualitas sama.

Ø  Menambah tenaga kerja baru untuk meningkatkan waktu produksi.

 

D.   Weakness-Threats :

 

Ø  Dengan menjalin relasi dengan clothing lain untuk menekan biaya promosi.

Ø  Dengan membuat promo pada mahasiswa yang membeli baju lebih dari 1 pcs mendapat free 1 pcs.

 

 

Tabel SWOT dan TOWS dapat dilihat pada Tabel 2.1.

 

Tabel 2.1

SWOT dan TOWS Fiveples Store

SWOT/TOWS

STRENGTHS

WEAKNESSES


                INTERNAL








     EKSTERNAL

·      Desain unik mempunyai ciri khas.

·      Bahan berkualitas tinggi.

·      Harga Terjangkau.

·      Hasil custom dijamin memuaskan.

·      Lamanya proses pembuatan custom.

·      Kuantitas bahan baku tidak tetap.

 

OPPORTUNITIES

S-O

W-O

·      Minat orang – orang terhadap brand mahal tetapi budget sedikit.

·      Minat custom kaos meningkat.

·      Kualitas brand lain kurang baik.

ü  Berinovasi di setiap design nya.

ü  Menambah produksi.

ü  Mengikuti trend masa kini.

ü Menambah tenaga kerja.

ü Mencari distributor yang lebih baik.

THREATS

S-T

W-T

·      Banyaknya pesaing.

·      Desain mudah ditiru.

·      Konsumen cenderung membeli 1 produk.

ü Meningkatkan pelayanan.

ü Menambahkan label di setiap produk.

ü Menjalin relasi untuk menekan biaya promosi.

ü Memberikan free 1 pcs, setiap pembelian lebih dari 1 pcs.

 

BAB lll

ANALIS PRODUK

 

3.1. Bahan Pembuatan Produk

            1.Bahan

               a.  Baju 

                        b.  Sablon

            2. Bahan penolong

                        a. Plastik pakaian

                        b. Plastik kresek

                        c. Stiker

 

3.2 Proses Pembuatan

            1. Siapkan alat alat yang di gunakankan untuk produksi kaos.

            2.  Siapkan bahan kaos (sesuai permintaan konsumen).

            3.  Edit desain permintaan konsumen di Photoshop.

            4.  Sesuaikan ukuran desain yang akan dicetak di kaos.

            5.  Pastikan ukuran sesuai dengan yang diinginkan.

            6.  Letakan bahan kaos di alat print sablon.

            7.  Tunggu sampai proses selesai.

            8.  Angkat dan keringkan sablon.

            9.  Packing kaos yang akan di kirim.

 

 

 

 

BAB IV

ANALISIS SUMBER DAYA MANUSIA

4.1 Sturuktur Organisasi

Sturuktur organisasi Fiveples Store dapat dilihat pada gambar 4.1

 

 

 

Gambar 4.1

Sturuktur Organisasi Fiveples Store

 

 

 

4.2. Analisis Kompetensi Sumber Daya  Manusia

   Analisis kopetensi sumber daya manusia Fiveples Store dapat dilihat pada Table 4.1

 

Tebel 4.1

Analisis Kopetensi Sumber Daya Manusia Fiveples Store

Pendidikan

Jumlah

Bagian

departemen

Jumlah

SD

-

CEO

1

SMP

-

MANAJEMEN

1

SMA

-

PEMASARAN

1

D3

5

KEUANGAN

2

 

Ø  Keunggulan dan kopetensi SDM :

A.   CEO

Adalah jabatan tertinggi di suatu perusahaan dan mempunyai tugas untuk memimpin suatu perusahaan dan bertanggung jawab untuk kestabilan perusahaan.

B.   General Manajer

Adalah jabatan manajer yang memiliki tanjung jawab kepada seluruh jabatan
atau fungsional  pada suatu perusahaan atau organisasi.

C.   Manajer Pemasaran

Adalah jabatan yang mampu memperkenalkan, mempromosikan, suatu barang atau jasa dariperusahaan untuk diperkenalkan pada konsumen secara lansung maupun tidak langsung.

D.   Manajer Keuangan

Adalah jabatan yang mampu mencatat, mengkontrol semua transaksi atau kejadian yang terjadi didalam perusahaan.

 

 

 

Comments

Popular Posts