PROPOSAL USAHA UTILIS STORE (DANLIR) TANPA FORECAST KEUANGAN

KATA PENGANTAR

Puji Syukur kami panjatkan kepada Allah SWT yang telah memberikan kepada kami limpahan karunia serta anugerahnya sehingga kami dapat menyelesaikan proposal usaha yang semoga dilancarkan segala yang kami niatkan dalam rangka membangun kemandirian. Sholawat serta salam semoga tetap tercurah kepada junjungan kita nabi Muhammad SAW tauladan pemimpin yang menjadi rahmat bagi semesta alam.

Usaha "Utilis Store" adalah usaha rintisan yang bergerak dibidang clothing fashion sekaligus jasa desain custom yang konsepnya merupakan hasil pemikiran dari kami sendiri. Kami sebagai mahasiswa D3 Bisnis dan Kewirausahaan Universitas Gunadarma, ingin memfasilitasi siapaun yang berminat membeli Totebag dengan desain yang dibuat oleh sendiri dan dengan kualitas yang baik beserta ciri khas melalui Totebag yang kami produksi..

Kami sadar bahwa dalam proposal usaha yang kami susun masih terdapat banyak ketidak sempurnaan termasuk dalam penyusunan konsep kewirausahaan yang kami ajukan. Oleh karena itu, kami sangat mengharapkan adanya saran dan kritik guna perbaikan di masa yang akan datang.

Depok, 25 Oktober 2017

 

Utilis Store


 

DAFTAR ISI

KATA PENGANTAR......................................................................................................................... i

DAFTAR ISI..................................................................................................................................... ii

BAB I PENDAHULUAN.................................................................................................................... 1

1.1              Latar Belakang...................................................................................................... 1

1.2              Visi & Misi............................................................................................................. 2

1.3              Data Perusahaan................................................................................................... 3

1.4              Data Karyawan...................................................................................................... 4

BAB II ANALISIS PASAR.................................................................................................................. 5

2.1              Bauran Pemasaran................................................................................................ 5

2.2              Segmentasi Pasar.................................................................................................. 6

2.3              Analisi SWOT dan TOWS....................................................................................... 7

BAB III ANALISIS PRODUK........................................................................................................... 11

3.1         Bahan Pembuatan Produk.................................................................................. 11

3.2         Proses Pembuatan.............................................................................................. 11

BAB IV ANALISIS SUMBER DAYA MANUSIA................................................................................ 12

4.1         Struktur Organisasi............................................................................................. 12

4.2         Analisis Kompetensi Sumber Daya Manusia...................................................... 13

BAB V ANALISIS KEUANGAN....................................................................................................... 14

5.1              Modal Usaha....................................................................................................... 14

5.2              Perincian Biaya................................................................................................... 14

5.2.1        Bulan Oktober 2017............................................................................... 14

5.2.2        Bulan November 2017............................................................................ 20

5.2.3        Bulan Desember 2017............................................................................ 25

5.2.4        Bulan Januari 2018................................................................................. 30

5.2.5        Bulan Februari 2018............................................................................... 35

5.2.6        Bulan Maret 2018................................................................................... 40

 

BAB I

PENDAHULUAN

 

1.1 Latar belakang

    Di era modern saat ini kebutuhan akan penampilan sangat penting bagi kalangan remaja. Tas merupakan hal yang dibutuhkan setiap remaja terutama anak sekolah dan mahasiswa. Salah satunya Totebag. Dengan model yang unik dan simple, Totebag menjadi pilihan utama remaja yang akan berpergian santai atau sekedar dipakai untuk pergi ke sekolah atau kampus. Totebag sendiri bisa diberi desain gambar yang unik sesuai selera dengan menggunakan jasa sablon agar terlihat lebih fashionable dan lebih menarik  tentunya.

     Totebag tidak hanya dapat dipakai oleh kaum wanita tetapi pria pun cocok untuk memakainya. Totebag sendiri didesain untuk memberikan kenyamanan kepada penggunanya, dengan bahan kain kanvas yang kuat dan tahan pemakaian untuk waktu yang lama. Tidak heran kebanyakan mahasiswa atau anak sekolah menyukai Totebag. Dikalangan remaja Totebag sudalah menjadi salah satu favorite, karena selain murah juga bisa didesain sesuai keinginan mereka.                                         

    Berdasarkan latar belakang tersebut maka tersiratlah dipikiran kami untuk membuat usaha yang bergerak dibidang jasa Totebag Custom. Usaha yang rencananya akan kami beri nama Utilis Store. Usaha ini dimaksudkan untuk memberikan pelayanan pada konsumen baik konsumen dari jasa sablon sampai individu yang ingin membeli Totebag Custom yang nyaman dan berkualitas tinggi tentunya dengan harga yang relatif murah dengan kuota banyak.

      Memang tidak bisa dipungkiri adanya persaingan yang ketat dalam bisnis ini, mengingat sudah banyak yang menjalankanya. Oleh karena itu strategi persaingan yang matang sangat dibutuhkan dan kami tidak gentar dalam melakoni persaingan dengan perusahaan lain yang lebih lama berbisnis dibidang ini.


 

1.2 Visi dan Misi

Visi :

Menjadi sebuah perusahan clothing, fashion, accesories custom terbaik di Indonesia, dengan memberikan kualitas terbaik dengan harga terjangkau.

Misi :

ü  Menghasilkan produk yang berkualitas dengan harga yang terjangkau di kalangan anak muda dan dewasa.

ü  Membuat desain yang menarik dan menerima desain dari pelanggan.

ü  Memberikan pelayanan terbaik demi kepuasan pelanggan.

 

1.3 Data Perusahaan

            Profile Utilis Store dapat dilihat pada Tabel 1.1.

 

Tabel 1.1

Profile Utilis Store

1

Nama Perusahaan

Utilis Store

2

Produk Usaha

Totebag Custom

3

Alamat Perusahaan

Depok

4

Nomor Telepon

081284168468

5

Website

Instagram

https://instagram.com/Utilis.store

6

Tahun Berdiri

2017

 

 

 

 

1.4 Data Karyawan

            Profile karyawan Utilis Store dapat dilihat pada Tabel 1.2.

 

Tabel 1.2

Profile karyawan Utilis Store

1

Nama

Raden Ruhiyat Dwi Komara B

2

Tempat, Tanggal, Lahir

Sukabumi, 1 Mei 1998

3

Alamat

Sukabumi, Jawa Barat

4

Status

Lajang

5

No Telepon

081284168468

6

Jabatan

CEO

 

1

Nama

Fatimah Tuzahra A

2

Tempat, Tanggal, Lahir

Jakarta, 10 Januari 1998

3

Alamat

Depok, Jawa Barat

4

Status

Lajang

5

No Telepon

081806142849

6

Jabatan

General Manajer

 

1

Nama

Yosi Yolinda

2

Tempat, Tanggal, Lahir

Sukabumi, 26 Desember 1996

3

Alamat

Bogor

4

Status

Lajang

5

No Telepon

081517520430

6

Jabatan

Manajer Pemasaran

 

 

 

1

Nama

Achmad Rusdi

2

Tempat, Tanggal, Lahir

Jakarta, 24 Januari 1995

3

Alamat

Lenteng Agung, Jakarta Selatan

4

Status

Lajang

5

No Telepon

085850918720

6

Jabatan

Manajer Produksi

 

1

Nama

Raden Ruhiyat Dwi Komara B

2

Tempat, Tanggal, Lahir

Sukabumi, 1 Mei 1998

3

Alamat

Sukabumi, Jawa Barat

4

Status

Lajang

5

No Telepon

081284168468

6

Jabatan

Manajer Keuangan

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

BAB II

ANALISIS PASAR

 

2.1       Bauran Pemasaran

            Bauran pemasaran pada beradasarkan Product, Price, Place, Promotion (4P) adalah sebagai berikut :

 

1.    PRODUCT

Contoh produk dapat dilihat pada Gambar 2.1

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 


Gambar 2.1

 

 

Produk yang ditawarkan oleh Utilis Store terdiri dari:

 

·         Type          : Costumable Totebag (Menggunakan desain dengan kemauan sendiri)

·         Brand        : Utilis Store

·         Quality       : Menggunakan bahan kanvas dan blacu & Sablon DTG

·         Packing     : Plastik Pakaian

·         Design       : Custom        

 

 

 

 

2.    PRICE

Harga yang di tawarkan terdiri dari :

 

·         Price List :

Totebag Custom                     Rp.50.000,-/Pcs

 

3.    PLACE

Wilayah pemasaran mencakup seluruh Indonesia yang dapat dilakukan secara online dan offline.

 

4.    PROMOTION

 

·         Advertising    : Periklanan melalui media sosial dan E-Commerce seperti

instagram.

 

2.2 Segmentasi Pasar

            Segmentasi pasar  dibagi menjadi :

 

1.    Segmentasi Geografi, produk dipasarkan secara online shop yang menjangkau seluruh wilayah Indonesia.

 

2.    Segmentasi Demografi, terget konsumennya adalah anak muda dan dewasa. Jenis kelamin laki-laki atau perempuan.

 

3.    Segmentasi Psikografi, dalam hal ini ditunjukan untuk semua kalangan baik remaja maupun dewasa yang ingin mempunyai Totebag dengan desain sesuai dengan model yang diinginkan dan tetap nyaman.

 

 

 

 

 

2.3 Analisis SWOT dan TOWS

 

            SWOT adalah sebuah cara menganalisa suatu permasalahan dari 4 sudut berbeda yang terbagi dari 2 aspek, yaitu aspek internal dan aspek eksternal. SWOT adalah singkatan bahasa inggris dari Strengths (Kekuatan), Weakness (Kelemahan), Oppoturnities (Peluang), Threats (Ancaman). SWOT  adalah sebagai berikut :

 

A.    Strenght :

1. Totebag yang di produksi dapat didesain oleh konsumen sesuai keinginannya, sehingga satu Totebag dengan yang lainnya mempunyai keunikan atas desainnya masing – masing.

2. Bahan kanvas dan blacu merupakan bahan berkualitas tinggi, yang memiliki umur pemakaian yang relatif lama.

3. Harga yang ditawarkan masih dalam kisaran harga dipasaran, sehingga terjangkau oleh semua kalangan.

 

B.    Weakness :

1. Waktu yang dibutuhkan untuk produksi barang cukup memakan waktu yang lama.

2. Kuota bahan baku tidak tetap.

 

C.   Opportunities :

1. Keinginan anak muda akan sesuatu barang yang simple  dan tidak ribet.

2. Banyak orang yang menginginkan barang dengan desainnya sendiri.

3. Banyaknya brand sejenis dengan kualitas produk kurang baik.

 

 

D.   Threats :

1.    Dijaman era digital dewasa ini, membuat pesaing dapat dengan mudah melihat produk.

2.    Banyak pesaing yang menjual produk yang sama.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

            TOWS adalah pemikiran akan hal-hal yang akan dapat atau hal yang lebih dinamis yaitu faktor eksternal terlebih dahulu baru diikuti dengan faktor internal, cara ini diyakini akan menghasilkan peluang yang dapat mengantisipasi segala ancaman yang akan datang. TOWS Utilis Store sebagai berikut :

 

A.   Strenght-Opportunities :

 

Ø  Keinginan orang-orang akan sesuatu barang yang simple, tidak ribet, dan mudah dibawa. Dengan terus mengeluarkan inovasi baru dan desain yang lebih banyak lagi, serta dengan tetap menjaga harga tanpa mengurangi kualitas.

Ø  Pangsa pasar yang semakin berkembang membuat melakukan penambahan jumlah dan jenis produk.

Ø  Tetap mengikuti trend fashion masa kini.

 

B.   Strenght-Threats :

 

Ø  Memberikan pelayanan yang baik, cepat, dan bertanggung jawab.

Ø  Desain yang mudah ditiru membuat produk memberikan label pada produk yang diproduksi.

 

C.   Weakness-Opportunities :

 

Ø  Mencari distributor baru untuk menambah kuota persediaan dan harga bahan yang lebih murah tetapi kualitas sama.

Ø  Menambah tenaga kerja baru untuk meningkatkan waktu produksi.

 

D.   Weakness-Threats :

 

Ø  Dengan menjalin relasi dengan toko lain untuk menekan biaya promosi.

Ø  Dengan membuat promo bonus pada setiap pembelian lebih dari 1 pcs.

 

 

 

 

Tabel SWOT dan TOWS dapat dilihat pada Tabel 2.1.

 

Tabel 2.1

SWOT dan TOWS Fiveples Store

SWOT/TOWS

STRENGTHS

WEAKNESSES


                INTERNAL








     EKSTERNAL

·      Desain unik mempunyai ciri khas.

·      Bahan berkualitas tinggi.

·      Harga Terjangkau.

·      Hasil custom dijamin memuaskan.

·      Lamanya proses pembuatan custom.

·      Kuantitas bahan baku tidak tetap.

 

OPPORTUNITIES

S-O

W-O

·      Keinginan anak muda akan sesuatu barang yang simple  dan tidak ribet.

·      Minat orang-orang untuk memiliki barang custom meningkat.

·      Kualitas brand lain kurang baik.

ü  Berinovasi di setiap design nya.

ü  Menambah produksi.

ü  Mengikuti trend masa kini.

ü Menambah tenaga kerja.

ü Mencari distributor yang lebih baik.

THREATS

S-T

W-T

·      Banyaknya pesaing.

·      Desain mudah ditiru.

 

ü Meningkatkan pelayanan.

ü Menambahkan label di setiap produk.

ü Menjalin relasi untuk menekan biaya promosi.

ü Memberikan promo bonus untuk pembelian lebih dari 1pcs.

BAB lll

ANALIS PRODUK

 

3.1. Bahan Pembuatan Produk

            1.Bahan

               a. Totebag kanvas dan blacu 

                        b. Sablon

            2. Bahan penolong

                        a. Plastik pakaian

                        b. Plastik kresek

                        c. Sticker

 

3.2 Proses Pembuatan

            1. Siapkan alat alat yang di gunakankan untuk produksi totebag custom.

            2.  Siapkan bahan totebag (sesuai permintaan konsumen).

            3.  Edit desain permintaan konsumen di Photoshop.

            4.  Sesuaikan ukuran desain yang akan dicetak di totebag.

            5.  Pastikan ukuran sesuai dengan yang diinginkan.

            6.  Letakan bahan totebag di alat print sablon.

            7.  Tunggu sampai proses selesai.

            8.  Angkat dan keringkan sablon.

            9.  Packing totebag yang akan di kirim.

 

 

 

 

BAB IV

ANALISIS SUMBER DAYA MANUSIA

4.1 Sturuktur Organisasi

Sturuktur organisasi  dapat dilihat pada gambar 4.1

 


 

Gambar 4.1

Sturuktur Organisasi Utilis Store

 

 

4.2. Analisis Kompetensi Sumber Daya Manusia

   Analisis kopetensi sumber daya manusia Utilis Store dapat dilihat pada Table 4.1

 

Tebel 4.1

Analisis Kopetensi Sumber Daya Manusia Fiveples Store

Pendidikan

Jumlah

Bagian

departemen

Jumlah

SD

-

CEO

1

SMP

-

MANAJEMEN

1

SMA

-

PEMASARAN

1

D3

5

KEUANGAN

2

 

Ø  Keunggulan dan kopetensi SDM :

A.   CEO

Adalah jabatan tertinggi di suatu perusahaan dan mempunyai tugas untuk memimpin suatu perusahaan dan bertanggung jawab untuk kestabilan perusahaan.

B.   General Manajer

Adalah jabatan manajer yang memiliki tanjung jawab kepada seluruh jabatan
atau fungsional  pada suatu perusahaan atau organisasi.

C.   Manajer Pemasaran

Adalah jabatan yang mampu memperkenalkan, mempromosikan, suatu barang atau jasa dariperusahaan untuk diperkenalkan pada konsumen secara lansung maupun tidak langsung.

D.   Manajer Keuangan

Adalah jabatan yang mampu mencatat, mengkontrol semua transaksi atau kejadian yang terjadi didalam perusahaan.

 

 

 

Comments

Popular Posts