PROPOSAL USAHA UTILIS STORE (DANLIR) TANPA FORECAST KEUANGAN
KATA PENGANTAR
Puji Syukur
kami panjatkan kepada Allah
SWT yang telah memberikan kepada kami limpahan karunia serta anugerahnya
sehingga kami dapat menyelesaikan proposal usaha yang
semoga dilancarkan segala yang kami niatkan dalam rangka membangun
kemandirian. Sholawat serta salam semoga
tetap tercurah kepada junjungan kita nabi Muhammad SAW tauladan pemimpin yang menjadi rahmat bagi semesta alam.
Usaha "Utilis Store" adalah usaha
rintisan yang bergerak dibidang clothing
fashion sekaligus jasa desain custom
yang konsepnya merupakan hasil pemikiran dari kami sendiri. Kami sebagai mahasiswa D3 Bisnis dan Kewirausahaan
Universitas Gunadarma, ingin memfasilitasi siapaun yang berminat membeli Totebag dengan desain yang dibuat oleh sendiri
dan dengan kualitas yang baik beserta ciri khas
melalui Totebag yang kami produksi..
Kami sadar bahwa dalam proposal usaha yang kami susun masih terdapat banyak ketidak sempurnaan termasuk dalam penyusunan konsep kewirausahaan yang kami ajukan. Oleh karena
itu, kami sangat mengharapkan adanya saran dan kritik guna
perbaikan di masa yang akan
datang.
Depok, 25 Oktober
2017
Utilis Store
DAFTAR ISI
KATA PENGANTAR......................................................................................................................... i
DAFTAR ISI..................................................................................................................................... ii
BAB I PENDAHULUAN.................................................................................................................... 1
1.1
Latar Belakang...................................................................................................... 1
1.2
Visi & Misi............................................................................................................. 2
1.3
Data
Perusahaan................................................................................................... 3
1.4
Data
Karyawan...................................................................................................... 4
BAB II ANALISIS PASAR.................................................................................................................. 5
2.1
Bauran Pemasaran................................................................................................ 5
2.2
Segmentasi Pasar.................................................................................................. 6
2.3
Analisi SWOT dan TOWS....................................................................................... 7
BAB III ANALISIS PRODUK........................................................................................................... 11
3.1
Bahan Pembuatan Produk.................................................................................. 11
3.2
Proses Pembuatan.............................................................................................. 11
BAB IV ANALISIS SUMBER DAYA MANUSIA................................................................................ 12
4.1
Struktur Organisasi............................................................................................. 12
4.2
Analisis Kompetensi Sumber Daya Manusia...................................................... 13
BAB V ANALISIS KEUANGAN....................................................................................................... 14
5.1
Modal
Usaha....................................................................................................... 14
5.2
Perincian Biaya................................................................................................... 14
5.2.1
Bulan Oktober 2017............................................................................... 14
5.2.2
Bulan November 2017............................................................................ 20
5.2.3
Bulan Desember 2017............................................................................ 25
5.2.4
Bulan Januari 2018................................................................................. 30
5.2.5
Bulan Februari 2018............................................................................... 35
5.2.6
Bulan Maret 2018................................................................................... 40
BAB I
PENDAHULUAN
1.1 Latar belakang
Di era modern saat ini kebutuhan akan
penampilan sangat penting bagi kalangan remaja. Tas merupakan hal yang dibutuhkan setiap remaja terutama anak sekolah
dan mahasiswa. Salah satunya Totebag.
Dengan model yang unik dan
simple, Totebag menjadi pilihan utama remaja yang akan berpergian santai atau sekedar dipakai untuk pergi
ke sekolah atau kampus. Totebag
sendiri bisa diberi desain gambar yang unik sesuai selera dengan menggunakan
jasa sablon agar terlihat lebih fashionable dan lebih menarik tentunya.
Totebag
tidak hanya dapat dipakai oleh kaum wanita tetapi pria pun cocok untuk
memakainya. Totebag sendiri didesain
untuk memberikan kenyamanan kepada penggunanya, dengan bahan kain kanvas yang
kuat dan tahan pemakaian untuk waktu yang lama. Tidak heran kebanyakan
mahasiswa atau anak sekolah menyukai Totebag.
Dikalangan remaja Totebag sudalah
menjadi salah satu favorite, karena
selain murah juga bisa didesain sesuai keinginan mereka.
Berdasarkan latar belakang tersebut maka
tersiratlah dipikiran kami untuk membuat usaha yang bergerak dibidang jasa Totebag Custom. Usaha yang rencananya
akan kami beri nama “Utilis Store”. Usaha ini dimaksudkan untuk
memberikan pelayanan pada konsumen baik konsumen dari jasa sablon sampai individu
yang ingin membeli Totebag Custom yang nyaman dan berkualitas
tinggi tentunya dengan harga yang relatif murah dengan kuota banyak.
Memang tidak bisa dipungkiri adanya persaingan yang ketat dalam bisnis ini, mengingat sudah
banyak yang menjalankanya. Oleh karena itu strategi persaingan yang matang
sangat dibutuhkan dan kami tidak gentar dalam melakoni persaingan dengan
perusahaan lain yang lebih lama berbisnis dibidang ini.
1.2
Visi dan Misi
Visi :
Menjadi sebuah perusahan clothing, fashion, accesories custom terbaik
di Indonesia, dengan memberikan kualitas terbaik dengan harga terjangkau.
Misi :
ü
Menghasilkan
produk yang berkualitas dengan
harga yang terjangkau di kalangan anak muda dan dewasa.
ü
Membuat
desain yang menarik dan menerima desain dari pelanggan.
ü
Memberikan
pelayanan terbaik demi kepuasan pelanggan.
1.3
Data Perusahaan
Profile Utilis Store
dapat dilihat pada Tabel 1.1.
Tabel
1.1
Profile
Utilis Store
1 |
Nama Perusahaan |
Utilis
Store |
2 |
Produk Usaha |
Totebag
Custom |
3 |
Alamat Perusahaan |
Depok |
4 |
Nomor Telepon |
081284168468 |
5 |
Website Instagram |
|
6 |
Tahun Berdiri |
2017 |
1.4 Data Karyawan
Profile karyawan Utilis Store dapat dilihat pada Tabel 1.2.
Tabel
1.2
Profile karyawan Utilis Store
1 |
Nama |
Raden Ruhiyat Dwi Komara B |
2 |
Tempat, Tanggal, Lahir |
Sukabumi, 1 Mei 1998 |
3 |
Alamat |
Sukabumi, Jawa Barat |
4 |
Status |
Lajang |
5 |
No Telepon |
081284168468 |
6 |
Jabatan |
CEO |
1 |
Nama |
Fatimah Tuzahra A |
2 |
Tempat, Tanggal, Lahir |
Jakarta, 10 Januari 1998 |
3 |
Alamat |
Depok, Jawa Barat |
4 |
Status |
Lajang |
5 |
No Telepon |
081806142849 |
6 |
Jabatan |
General
Manajer |
1 |
Nama |
Yosi Yolinda |
2 |
Tempat, Tanggal, Lahir |
Sukabumi, 26 Desember 1996 |
3 |
Alamat |
Bogor |
4 |
Status |
Lajang |
5 |
No Telepon |
081517520430 |
6 |
Jabatan |
Manajer
Pemasaran |
1 |
Nama |
Achmad Rusdi |
2 |
Tempat, Tanggal, Lahir |
Jakarta, 24 Januari 1995 |
3 |
Alamat |
Lenteng Agung, Jakarta
Selatan |
4 |
Status |
Lajang |
5 |
No Telepon |
085850918720 |
6 |
Jabatan |
Manajer
Produksi |
1 |
Nama |
Raden Ruhiyat Dwi Komara B |
2 |
Tempat, Tanggal, Lahir |
Sukabumi, 1 Mei 1998 |
3 |
Alamat |
Sukabumi, Jawa Barat |
4 |
Status |
Lajang |
5 |
No Telepon |
081284168468 |
6 |
Jabatan |
Manajer
Keuangan |
BAB II
ANALISIS PASAR
2.1 Bauran Pemasaran
Bauran pemasaran pada beradasarkan Product,
Price,
Place,
Promotion
(4P) adalah sebagai berikut :
1. PRODUCT
Contoh produk dapat dilihat pada Gambar
2.1
Gambar 2.1
Produk
yang ditawarkan oleh Utilis Store terdiri
dari:
·
Type : Costumable Totebag (Menggunakan desain
dengan kemauan sendiri)
·
Brand : Utilis Store
·
Quality :
Menggunakan bahan kanvas dan blacu & Sablon DTG
·
Packing :
Plastik Pakaian
·
Design : Custom
2. PRICE
Harga yang di
tawarkan terdiri dari :
·
Price
List :
Totebag
Custom Rp.50.000,-/Pcs
3. PLACE
Wilayah
pemasaran mencakup seluruh Indonesia yang dapat dilakukan secara online dan offline.
4. PROMOTION
·
Advertising :
Periklanan melalui media sosial dan E-Commerce
seperti
instagram.
2.2 Segmentasi Pasar
Segmentasi
pasar dibagi menjadi :
1.
Segmentasi Geografi, produk dipasarkan secara online shop yang menjangkau seluruh
wilayah Indonesia.
2.
Segmentasi Demografi, terget konsumennya adalah anak muda
dan dewasa. Jenis kelamin laki-laki atau perempuan.
3.
Segmentasi Psikografi, dalam hal ini ditunjukan untuk semua
kalangan baik remaja maupun dewasa yang ingin mempunyai Totebag dengan desain
sesuai dengan model yang diinginkan dan tetap nyaman.
2.3 Analisis SWOT dan TOWS
SWOT
adalah sebuah cara menganalisa suatu permasalahan dari 4 sudut berbeda yang
terbagi dari 2 aspek, yaitu aspek internal dan aspek eksternal. SWOT adalah
singkatan bahasa inggris dari Strengths
(Kekuatan), Weakness (Kelemahan), Oppoturnities (Peluang), Threats (Ancaman). SWOT adalah sebagai berikut :
A.
Strenght :
1. Totebag yang di produksi dapat didesain
oleh konsumen sesuai keinginannya, sehingga satu Totebag dengan yang lainnya mempunyai keunikan atas desainnya
masing – masing.
2.
Bahan kanvas dan blacu merupakan bahan berkualitas tinggi, yang memiliki umur
pemakaian yang relatif lama.
3.
Harga yang ditawarkan masih dalam kisaran harga dipasaran, sehingga terjangkau
oleh semua kalangan.
B.
Weakness :
1.
Waktu yang dibutuhkan untuk produksi barang cukup memakan waktu yang lama.
2. Kuota bahan baku tidak
tetap.
C.
Opportunities :
1. Keinginan anak muda akan sesuatu barang
yang simple dan tidak ribet.
2.
Banyak orang yang menginginkan barang dengan desainnya sendiri.
3. Banyaknya
brand sejenis dengan kualitas produk
kurang baik.
D.
Threats :
1. Dijaman era digital dewasa ini, membuat
pesaing dapat dengan mudah melihat produk.
2.
Banyak pesaing yang menjual produk yang sama.
TOWS adalah pemikiran akan hal-hal yang
akan dapat atau hal yang lebih dinamis yaitu faktor eksternal terlebih dahulu
baru diikuti dengan faktor internal, cara ini diyakini akan menghasilkan
peluang yang dapat mengantisipasi segala ancaman yang akan datang. TOWS Utilis Store sebagai berikut :
A. Strenght-Opportunities
:
Ø
Keinginan
orang-orang akan sesuatu barang yang simple, tidak ribet, dan mudah dibawa. Dengan
terus mengeluarkan inovasi baru dan desain yang
lebih banyak lagi, serta dengan tetap menjaga harga tanpa mengurangi kualitas.
Ø
Pangsa
pasar yang semakin berkembang membuat melakukan penambahan jumlah dan jenis
produk.
Ø
Tetap
mengikuti trend fashion masa kini.
B. Strenght-Threats
:
Ø
Memberikan
pelayanan yang baik, cepat, dan bertanggung jawab.
Ø
Desain
yang mudah ditiru membuat produk memberikan label pada produk yang diproduksi.
C. Weakness-Opportunities
:
Ø
Mencari
distributor baru untuk menambah kuota persediaan dan harga bahan yang lebih
murah tetapi kualitas sama.
Ø
Menambah
tenaga kerja baru untuk meningkatkan waktu produksi.
D. Weakness-Threats
:
Ø
Dengan
menjalin relasi dengan toko lain untuk menekan biaya promosi.
Ø
Dengan
membuat promo bonus pada setiap pembelian lebih dari 1 pcs.
Tabel SWOT dan TOWS dapat dilihat pada
Tabel 2.1.
Tabel 2.1
SWOT dan TOWS Fiveples Store
SWOT/TOWS |
STRENGTHS |
WEAKNESSES |
|
· Desain
unik mempunyai ciri khas. · Bahan
berkualitas tinggi. · Harga
Terjangkau. · Hasil
custom dijamin memuaskan. |
· Lamanya
proses pembuatan custom. · Kuantitas
bahan baku tidak tetap. |
OPPORTUNITIES |
S-O |
W-O |
· Keinginan anak muda akan sesuatu
barang yang simple dan tidak ribet. · Minat
orang-orang untuk memiliki barang custom
meningkat. · Kualitas
brand lain kurang baik. |
ü Berinovasi
di setiap design nya. ü Menambah
produksi. ü Mengikuti
trend masa kini. |
ü Menambah
tenaga kerja. ü Mencari
distributor yang lebih baik. |
THREATS |
S-T |
W-T |
· Banyaknya
pesaing. · Desain
mudah ditiru. |
ü Meningkatkan
pelayanan. ü Menambahkan
label di setiap produk. |
ü Menjalin
relasi untuk menekan biaya promosi. ü Memberikan
promo bonus untuk pembelian lebih dari 1pcs. |
BAB lll
ANALIS PRODUK
3.1. Bahan Pembuatan Produk
1.Bahan
a. Totebag kanvas
dan blacu
b. Sablon
2. Bahan penolong
a. Plastik pakaian
b. Plastik kresek
c. Sticker
3.2 Proses Pembuatan
1. Siapkan alat alat yang di gunakankan untuk produksi totebag custom.
2. Siapkan bahan totebag (sesuai permintaan konsumen).
3. Edit desain permintaan konsumen di Photoshop.
4. Sesuaikan ukuran
desain yang akan dicetak di totebag.
5. Pastikan ukuran sesuai dengan yang
diinginkan.
6. Letakan bahan totebag di alat print sablon.
7. Tunggu sampai proses selesai.
8. Angkat dan keringkan sablon.
9. Packing
totebag yang akan di kirim.
BAB IV
ANALISIS SUMBER DAYA MANUSIA
4.1 Sturuktur Organisasi
Sturuktur
organisasi dapat dilihat pada gambar 4.1
Gambar
4.1
Sturuktur Organisasi Utilis Store
4.2. Analisis Kompetensi Sumber Daya Manusia
Analisis kopetensi sumber daya manusia Utilis Store dapat dilihat
pada Table 4.1
Tebel 4.1
Analisis
Kopetensi Sumber Daya Manusia Fiveples
Store
Pendidikan |
Jumlah |
Bagian departemen |
Jumlah |
SD |
- |
CEO |
1 |
SMP |
- |
MANAJEMEN |
1 |
SMA |
- |
PEMASARAN |
1 |
D3 |
5 |
KEUANGAN |
2 |
Ø Keunggulan dan
kopetensi SDM :
A. CEO
Adalah jabatan tertinggi di suatu perusahaan dan
mempunyai tugas untuk memimpin suatu perusahaan dan bertanggung jawab untuk
kestabilan perusahaan.
B. General Manajer
Adalah jabatan manajer yang memiliki tanjung jawab
kepada seluruh jabatan
atau fungsional pada suatu perusahaan
atau organisasi.
C. Manajer Pemasaran
Adalah jabatan yang mampu memperkenalkan, mempromosikan,
suatu barang atau jasa dariperusahaan untuk diperkenalkan pada konsumen secara
lansung maupun tidak langsung.
D. Manajer Keuangan
Adalah jabatan yang mampu mencatat, mengkontrol semua
transaksi atau kejadian yang terjadi didalam perusahaan.
Comments
Post a Comment